Friday 16 October 2015

pengawet makanan kimia. Bahaya dalam Kelezatan Pizzza

Pizza

Pizza merupakan makanan pavorit keluarga, tapi siapa sangka makanan asal italia ini sekarang tak luput dari kecurangan oleh segelintir orang penjual pizza.

Untuk mengawetkan pizza mereka menggunakan pengawet kayu didalam adonan. Tim reportase investigasi menelusuri kecurangan yang dilakukan oknum pedagang pizza.

Mungkin anda dan keluarga sudah tidak asing lagi dengan makanan yang telah disebutkan diatas, ya pizza merupakan makanan asal italia ini digemari banyak orang (tua dan muda). Makanan yang awalnya makanan kaum papah diitalia ini jadi mendunia dan menjadi salah satu makanan terpopuler kan diindonesia, sebagai hidangan pizza punmenjadi lahan bisnis yang cukup menggiurkan.

Tapi dibalik populernya pizza kini ada bahan yang mengancam karena ada segelintir orang mulai menggunakan BORAKS sebagai pengawet

bahan pengawet makanan

Boraks

 

Pizza ini tidak tahan  lama sebenarnya karena kandungan ikan-ikan patinya, nah salah satu hal yang memang sekarang diantisipasi oleh produsen adalah dengan menggunakan bahan pengawet yang tidak semestinya karena itu yang berbahaya. menurut Leni Herliani Afrianti (Dosen Peneliti).

Setelah tim investigasi melakukan negosiasi dengan pelaku untuk ikut menyaksikan proses pembuatan, maka tim pun berjalan mengikuti apa saja yang dia perbuat selama proses pembuatan, dan tim investigasi pun menyamarkan nama pelaku menjadi MINUL

Waktu itu saya lihat pizza yang dibuat oleh orang lain itu tidak mudah rusak / basi. Nah di situ Saya bertanya-tanya, kenapa kok ada pizza yang seharusnya cepat rusak / basi ini malah jadi tahan lama ?, kemudian ada yang kasih tau saya kalo adonan pembuatan pizza di campur ini bu. Ya terus saya coba membuatnya dengan sedikit campuran saja tapi pengaruhnya tetap besar. Kata Minul (Pelaku).

makanan pengawet

Semua kecurangan itu ia pelajari dari tempat ia bekerjanya dahulu, setelah fasih membuat pizza minul memutuskan membuka dan membuat pizza sendiri untuk dijual dan mengadopsi kecurangannya.

Aksi tak bertanggung jawab yang dilakukan oleh minul semata-mata untuk meraih untung yang lebih besar.

Tim Inves        : kalo tidak pake pijer itu keuntungannya bagemana? Pernah nyoba kan?

Minul               : iya saya pernah mencobanya, tapi pasti rugi dong, ya rugi sih tidak, hanya saja keuntungannya sangat sedikit, karena tidak tahan lama, kemudian saya harus bikin setiap hari.

Tim investigasi penasaran dengan prosesnya, kemudian memaksa minul untuk membuatnya.

Tim inves         : kalau bikin pizza itu kan bahan-bahannya mahal, itu gimna ?

Minul               : iya memang, misalnya olive oil saya ganti minyak sayur biasa, kemudian tidak pakai oregan, basil gitu, saya pakai bahan yang biasa.

Untuk memastikan bahan-bahan yang digunakan kami pun mengikuti minul berbelanja bahan-bahan bakunya yang hendak digunakan. Bahan baku yang diguanakan minul seperti terigu, bumbu, daging dan lainnya adalah bahan-bahan yang harganya murah. Tak lupa minul membeli pijer atau boraks sebagai pengawet pizzanya.

pengawet makanan kimia

 

Tanggapan Saya

Terkait dengan hal yang diatas saya begitu risih ketika mendengar sekaligus menyaksikan tayangan yang berisikan informasi tersebut, dan dari sini lah saya sadar akan bahaya suatu makanan atau jajanan yang bukan berasal dari olahan saya sendiri, karena kita tidak tau menau apa yang di campurkan kedalam adonan pangn tersebut.

Setelah ada informasi seperti diatas sekaligus menyadarinya kita semua agar lebih waspada ketika hendak berbelanja atau membeli makanan, atau jajanan apapun diluar rumah terlebih khususnya seperti Pizza, yang informasinya sudah cukup jelas yang saya saksikan dari tayangan Reportase Investigasi, dan anda baca dari Laporan yang saya buat ini. Terima kasih

 

0 comments:

Post a Comment

Statistics Pengunjung